Akses Lokasi Curug Muntu Kalipagu, Curug Tersembunyi di Lereng Gunung Slamet


Masih membahas tentang aset wisata Dusun Kalipagu, Ds. Ketenger, Kec. Baturraden, Banyumas – Jawa Tengah yang sebenarnya banyak sekali potensi alamnya terutama pada kawasan air terjun. Banyaknya potensi air terjun di Dusun Kalipagu memang tidak dapat di pungkiri karena wilayah ini mempunyai debit air yang stabil dan cukup melimpah.

Apalagi kontur tanah yang tidak stabil membuat banyak lereng curam membentuk aliran sungai jatuh dari ketinggian disebut dengan air terjun atau curug. Salah satu curug yang akan kita bahas yaitu Curug Muntu Kalipagu.

Curug muntu mempunyai bentuk dengan ciri kas seperti anak tangga, namun suasana tersebut dapat terlihat jika debit air sedat kecil. Debit air yang kecil dikarenakan karena hampir 80 persen di alirkan ke bendungan muntu untuk kepentingan pembangkit listrik.

Dengan kondisi air yang kecil memang sangat menguntungkan karena anda dapat langsung menuju ke aliran curug tersebut untuk mandi, dan yang paling menakjubkan jika kalian mencoba snorckling kamu akan mendapatkan be-batuan bulat besar di bawah air yang unik dijadikan spot foto.

Akses Lokasi

Sebenarnya lokasi dari Curug Muntu terletak persis di aliran bawah Curug Jenggala namun karena akses jalannya yang susah dan tersembunyi membuat jarang untuk dikunjungi orang, tepatnya sebelah selatan loket atau di bawah jembatan sebelah loket karcis Curug Jenggala.

Untuk menuju lokasi ini mungkin disarankan untuk menggunakan jasa guide/ pemandu, karena ada beberapa jalan alternatif yang kemungkinan sulit untuk di jangkau. Akses pertama yang paling mudah medannya adalah anda harus memulai dari jalur kawasan batur lumpang, yaitu terobosan jalan ke curug penganten. Anda dapat menyusur sungai mulai dari awal jembatan batur lumpang yang dapat menghabiskan 20 menit untuk sampai lokasi dengan trak be-batuan besar pada sungai.

Track alternatif ke dua mungkin ini benar benar memacu adrenalin, sebenarnya ada satu jalan langsung jika anda datang melalui curug jenggala dan itu akan sangat menghemat waktu, tapi yang jadi masalah anda akan menuruni tebing curam dan melewati sebuah goa kecil, kemungkinan juga jalan ini sudah tidak terbentuk.
Share:

No comments:

Post a Comment

Ikuti Saya

Blog Archive