Bukit Rajawali, Spot Camp Terbaik di Kawasan Lereng Gunung Slamet Baturraden


Bukit rajawali yang pada awal mulannya di kenal dengan bukit cinta, karena pada saat itu belum banyak terkenal oleh orang dan belum banyak media yang mendokumentasikan, maka pada tahun 2016 salah dari seorang penduduk dari bukit tranggulasih mengklaim nama bukit cinta.

Dengan kejadian tersebut maka apalah daya kami mengubah dari bukit cinta menjadi bukit rajawali. Bagi anda yang sudah pernah ke curug jenggala pasti tidak asing lagi dengan kalipagu, bahkan jika anda seorang pendaki/ pecinta alam.

  • On The Way

Terletak di sebelah selatan perumahan penduduk warga/ basecamp “mamake” kalipagu, tepatnya di kawasan tower pipa pesat, untuk mencapai bukit ini anda harus berjalan setidaknya 30 menit dari basecamp, dengan track menanjak dengan kemiringan mencapai 45-70 derajat.

Terdapat 2 (dua) rute alternatif, yang pertama anda dapat malalui dari jalan samping masjid kalipagu dan sampai hingga bawah pipa pesat lalu naik ke atas, atau yang kedua anda langsung ke arah curug jenggala lalu bertemu pipa pesat milik PLN, kemudia jalan menuju arah selatan sampai ketemu jembatan.

Setelah melewati jembatan anda akan disuguhkan dengan anak tangga dengan kemiringgan 70 derajat, kebanyakan tidak sedikit orang mengeluh di sini. Kemudian setelah sampai atas anda akan bertemu jembatan kecil di atas pipa pesat.

Dengan melewati jembatan kecil tersebut terdapat jalan setapak/ jalan kecil orang cari rumput kambing, nah dari situ anda ikuti jalan tersebut sekirannya kalo cowok dapat ditempuh dengan estimasi 30 menit, mungkin kalo cewek bisa lebih.

  • Puncak

Pada lokasi puncak tempat camp memang tidak terlalu luas, hanya berkisar antara 7 hingga 10 tenda dengan ukuran kapasitas 4 orang.  Saat dipuncak juga sulit ditemukan suber mata air, jadi sebelum berangkat hendaknya kalian membawa bekal yang cukup, terutama untuk air.

Walaupun sepi kondisi di puncak bukit rajawali sendiri terbilang masih dapat dikatakan bersahabat, yang berarti aman dari ancaman hewan buas dan juga kilatan petir. Terlihat jelas kota purwokerto purbalingga dan sekitarnya, bahkan karena tempatnya masih tinggi dari bukit padang munggang, maka anda dapat menikmati sunrise terbaik, itu jika beruntung.

Share:

No comments:

Post a Comment

Ikuti Saya

Blog Archive