Curug Jenggala, Curug Paling Populer di Banyumas


Air terjun ini sempat menjadi destinasi wisata curug paling hist se-Banyumas pada tahun 2016, karena banyaknya pengunjung yang datang mencapai 2000 orang pengunjung per-harinya. Terletak di Jalan Cendana Sari Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kec. Baturraden, Banyumas, Jawa Tenga Indonesia.

Curug Jenggala mempunyai ciri khas yaitu terdapat 3 aliran anak air, dan terdapat tempat selvie berbentuk love cokelat, membuat tidak sedikit dari kalangan masyarakat banyumas, dari luar daerah bahkan dari wisatawan luar negeri berbondong-bondong berlibur di Curug Jenggala.

Wisata ini dikelola oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) “Gempita” Desa Ketenger, yang di pimpin oleh Bpk. Purnomo dan beberapa warga masyarakat maupun pemuda/i lokal asli kalipagu. Sekedar informasi Lembaga ini masih di bawah naungan dari Perhutani.

  • Akses Lokasi

Jika anda dari luar kota untuk menuju ke wisata ini, anda haru ambil jalur menuju Wisata Baturraden dan jika anda dari arah purwokerto maka anda dapat cari lokasi Desa Ketenger di Google maps, tepatnya di sebelah utara Small Word dan di selatan lestoran pring sewu, kemudian ambil arah curug gede/ bayar.

Setelah sampai di Curug Bayan/ Gede, anda langsung gas poll naik terus ke atas sampai mentok, dan sekitar setengah jam anda akan sampai lokasi, namun perlu disiapkan gigi rendah karena jalanannya yang menanjak terus.

Sampai lokasi dusun kalipagu, sayangnya medannya masih berupa jalan satapak (bebatuan tata) jadi anda disarankan untuk parkir di rumah warga, dan melakukan perjalanan sekitar 45 menit jalan kaki, namun jika anda menggunakan jasa ojek wisata, lama perjalannya hanya berkisar 8 menit.

  • Harga Tiket Masuk

Naik ojek wisata curug jenggala hanya dianggarkan biaya sebesar Rp. 10 ribu rupiah, sampai depan loket, dan untuk perjalanan PP menjadi Rp. 20 ribu rupiah dan langsung diantarkan sampai depan loket/ tempat parkir sebelumnya.

Sebelum masuk wisata baiknya anda membeli tiket masuk kawasan wisata sebesar Rp. 5 ribu rupiah, sudah termasuk asuransi, kemungkinan jika hari lebaran tiketnya akan naik. Dengan membayar Rp. 5 ribu rupiah anda suadah bebas berfoto ria pada spot-spot selvi yang disediakan.

  • Kuliner

Sebelum pintu masuk curug jenggala sebaiknya anda membawa bekal makanan/ minuman, karena di lokasi wisata tidak ada pedagan berjualan, para pedagang sudah tertata rapi pada satu tempat yaitu di sebelah pintu loket.

Menu makanan khas lokas seperti mendoan, bakwan, tahu goreng, dan pecel sudah siap menanti, pas sekali jika dimakan di area yang sejuk seperti di area curug jenggala. Namun bekas wadah yang digunakan makanan/ minuman jangan sampai tertinggal/ dibuang sembarangan.

Share:

1 comment:

Ikuti Saya

Blog Archive