Estimasi Waktu Jalur Pendakian Gunung Slamet via Bambangan

Pintu Gerbang Pos Pendakian Gunung Slamet via Bambangan
Kata orang sih “kurang kerjaan kalau naik gunung”, tapi asik-asik aja koh kamu aja yang belum pernah mendaki, atau memang kamu tidak punya nyali. Memang sih lebih baik jangan diladenin kalau ada teman yang ngomong gitu mending diem aja.

Nah yang pada kangen mendaki gunung, dan yang punya rencana juga mau mendaki, kali ini saya akan bagikan pengalaman saya saat mendaki Gunung Slamet via Bambangan, mulai dari basecamp sampai puncak yang memerlukan waktu yang cukup lama. Tapi tenang saja geng cuman di sini kamu akan menemukan warung makan sampai pos 7.

Adapun beberapa syarat-syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh calon pendaki untuk dapat melakukan pendakian gunung slamet, antara lain yaitu :
  1. Etiket Registrasi Rp. 10 Rupiah/ Orang
  2. Etiket Masuk Kawasan Rp.10 Ribu/ Orang
  3. Menyerahkan Kartu identitas (perwakilan rombongan)
  4. Surat Keterangan Dokter (khusus jalur Bambangan)
  5. Biaya Parkir per-motor Rp. 5 Ribu
  6. Biaya Parkir per-mobil Rp. 10 Ribu
Basecamp - Pos 1 (Gardu Pandandang)
Perjalanan dari basecamp menuju pos 1 adalah yang paling panjang yakni sekitar 2 jam, tidak heran karena jalannya menanjak terus namun kondisi jalannya bersahabat. Untuk perjalanan menuju pos 1 nanti kamu akan melewati perkebunan warga, seltelah itu anda akan bertemu wisata kebun sunrice yang dikelola oleh warga setempat.

Kemudian untuk setengah perjalanan anda akan menemukan beberapa warung, disana anda dapat istirahat sejenak untuk memulihkan tenaga, saran dari admin sih beli lah semangka di salah satu warung, kenapa harus beli ?, nanti juga kerasa sendiri hahaha.

Oke, lanjut perjalanan lagi ke pos1 mungkin untuk track selanjutnya anda harus mempersiapkan tenaga ekstra, karena jalan yang dilalui memang lebih nanjak sekitar 60 derajat kemiringan, dan setelah kamu berjumpa dengan beberapa warung lagi, itu tandanya sudah memasuki kawasan pos 1.

Pos 1 - Pos 2 (Pondok Walang)
Lanjutkan perjalanan ke pos 2 yang mempunyai pemandangan jelas masuk hutan jadi banyak pohon besar di kanan maupun kiri lumayan lah jadi menambah kesejukan di hati.
Untuk sampai ke Pos-2 rombongan kamu akan sampai dalam waktu 1,5 jam, dan yang pastinya jangan berharap sama jalan rata. Tanda-tanda sudah sampai di posko 2 adalah dengan memasuki kawasan warung-warung.

Pos 2 - Pos 3
Lanjut ke pos 3 untuk medan perjalanannya masih sama naik terus dan terdapat pohon besar di kanan kiri yang akan memakan waktu 1 jam, mungkin diharapkan jangan terburu-buru karena biasanya gejala hipotermia dapat mulai muncul karena suhu udara yang mulai menipis.

Jika kalian sudah menemukan warung itu pertanda sudah sampai pos 3, dan disini kalian mungkin dapat istirahat lebih lama, karena lokasinya yang cukup luas dan dapat memeriksa bekal kebutuhan siapa tau kehabisan, dan berjaga untuk tetap aman.

Pos 3 - Pos 4
Tidak seperti di pos lainnya terdapat warung makan, kalau di pos 4 sendiri cenderung mempunyai lokasi peristirahatan yang tidak cukup luas alias sempit, bisa jadi ini adalah alasan mengapa warga tidak membangun warung disini, namun untuk mencapai pos 4 anda akan memerlukan waktu 1 jam perjalanan.

Pos 4 - Pos 5
Pos 5 mungkin adalah salah satu lokasi yang sering untuk mendirikan tenda disini, karena lokasinya yang tanahnya cukup rata, luas dan terdapat selter darurat.

Namun bagi saya itu bukan tempat strategis karena saat besok pagi saat muncak akan memerlukan waktu yang lebih lama lagi dan pastinya menguras tenaga, dan untuk rasio perjalanan anda memerlukan waktu 1 jam untuk sampai disini.

Pos 5 - Pos 6
Pos mempunyai jarak yang pendek, yaitu jika diukur perjalanan hanya memakan waktu 30 menit saja, pernah beberapa orang menirikan tenda di pos ini, tetapi kalau pengalaman saya sendiri dengan melihat kontur tanah yang miring dan tidak terlalu luas, mending langsung gas ke pos 7.

Pos 6 – Pos 7
Pos 7 merupakan tempat paling strategis dan paling aman untuk mendirikan tenda. Karena tempatnya yang cukup luas, banyak pepohonan yang berfungsi untuk meredakan badai angin, dan juga terdapat 1 selter darurat.

Untuk menuju pos 7 akan memakan waktu 1 jam, dengan melewati pohon mati yang pastinya ditambah dengan track yang menanjak. Di tempat ini juga sangat bagus untuk dijadikan spot foto.

Pos 7 - Pos 8
Merupakan jarak yang paling pendek yakni hanya 15 menit, mengingat jarak sudah mendekati puncak maka terkadang anda sudah dapat mencium aroma belerang. Bisa juga anda mendirikan tenda di pos 8 ini.

Namun dengan kondisi yang sempit dan tidak banyak pepohonan, maka sebaiknya untuk tidak di niatkan kecuali jika keadaan darurat misalnya pos-7 sudah penuh.

Pos 8 - Pos 9 (Plawangan)
Pos 9 merupakan batas vegetasi antara tanah dan be-batuan merah, tempatnya tidak cukup luas, namun, masih dapat digunakan untuk area sholat subuh dimana jika, anda seorang muslim yang ketika muncak pas waktu shubuh.

Untuk mencapai plawangan  diperlukan waktu 1 jam, dengan kondisi jalannya sangat ekstrime, sangat menanjak dan curam, apalagi jika anda muncak pagi hari maka harus tetap menjaga keamanan.

Pos 9 (Plawangan) – Puncak
Kondisi menuju ke puncak gunung slamet merupakan tantangan terakhir yang anda harus lalui,  mungkin disini anda harus berhati-hati, tidak ceroboh, karena medannya yang sulit dan ekstrime berupa be-batuan, kerikil, dan juga sangat berbahaya jika menimbulkan longsor yang akan mengenai pendaki lainnya di bawah.

Untuk mencapai puncak anda memerlukan waktu hingga 1 – 2 jam, tergantung dari fisik anda. soalnya tracknya yang sangat menanjak dan panas sinar matahari.
Puncak Gunung Slamet 3.428 MDPL
Puncak Gunung Slamet
Sesampainya di puncak anda akan menemukan pemandangan indah sudah siap mengobati kelelahanmu, berupa pemandangan alam yang membentang luas, samudra awan, langit biru yang menawan dan ditambah dengan penampakan Sindoro Sumbing.

Kamu bisa sedikit tersenyum bangga karena puncak dengan ketinggian 3.428 mdpl ini, merupakan atap Jawa Tengah, tanah tertinggi di provinsi tersebut dan ke-2 di pulau Jawa.

Kawah Segoro Wedhi
Untuk menikmati pemandangan indah kawah Segoro Wedhi, kamu harus turun ke arah berkebalikan dengan arah kedatanganmu tadi dengan track kerikil tajam yang memerlukan waktu 15 menit.

Pemandangan kawah tidak kalah megahnya dengan puncak, kamu bisa melihat kawah besar yang mengepulkan asap belerang dengan latar belakang gunung Ciremai dan juga pabrik PLTB dari kejauhan

Kesimpulan Estimasi Waktu Pendakian Gunung Slamet
No
Perjanan Antar Pos
Waktu
Satuan
1
Basecamp – Pos 1
2
Jam
2
Pos 1 - Pos 2
1
Jam
3
Pos 2 - Pos 3
1
Jam
4
Pos 3  - Pos 4
1
Jam
5
Pos 4 - Pos 5
1
Jam
6
Pos 5 - Pos 6
30
Menit
7
Pos 6 - Pos 7
1
Jam
8
Pos 7 - Pos 8
15
Menit
9
Pos 8 - Pos 9
1
Jam
10
Pos 9 - Puncak
1
Jam
Total
9,45
Jam
Share:

No comments:

Post a Comment

Ikuti Saya

Blog Archive