Kopi Alas Kalipagu, kopi asli dari kalipagu yang rasanya mantap

Kalipagu merupakan dusun yang paling ujung dikawasan barat lereng Gunung Slamet Kecamatan Baturraden dan merupakan area lokasi wisata alam dan camp area yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tidak hanya aset potensi alamnya saja yang menjadi unggulan sebagai penunjang perekonomian warga sekitar. Namun, kekayaan hasil bumi yang melimpah karena dengan didukungnya kondisi alam yang baik, tanah yang subur, dan banyak sumber mata air membuat tidak sedikit masyarakat memanfaatkannya sebagai pembuka lahan pertanian.

Salah satu upaya dari masyarakat untuk terus meningkatkan hasil bumi asli dari Dusun Kalipagu yaitu dengan terus mengembangkan potensi tanaman kopi yang memang bisa tumbuh baik dan subur di tanah lereng Gunung Slamet ini.

Mengapa kopi ?, karena kopi merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang yang dapat melindungi anda dari jenis penyakit Alzheimer, Dimensia, mengurangi risiko dari beberapa jenis kanker, mengurangi risiko terkena stroke, melindungi liver (hati), dan lain sebagainya.

Kopi alas kalipagu, merupakan sebuah produk hasil bumi berupa kopi asli yang ditanam di dataran Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kec. Baturraden Kab. Banyumas. Dengan cara pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional dan tanpa tambahan bahan pengawet, yang menjadikan cita rasa khas tersendiri bagi kopi ini.

Kopi ini dibuat hanya dengan bahan utama kopi 100% murni tanpa campuran apapun, kemudian di goreng bersamaan dan ditumbuk dengan cara tradisional yang menggunakan alat tumbuk berupa kayu kemudian barulah disaring agar mendapatkan bubuk yang lembut.

Penggilingan yang menggunakan alat manual inilah yang pastinya akan menambah cita rasa yang khas dan tentunya enak, rasanya lebih mantap saat dinikmati apalagi tempat kami yang mempunyai udara yang sejuk dan bebas dari kebisingan kendaraan bermotor.

Rasa dari kopi alas Kalipagu memang mempunyai ciri khas sendiri yaitu rasanya agak sedikit sepat dan pahit. Nah, jika anda penasaran maka bisa langsung mencobanya di tempat warung-warung sekitar warga desa atau warung yang berada di kawasan Curug Jenggala Kalipagu.

Bagi anda yang ingin memiliki kopi alas kalipagu ini untuk dikonsumsi di rumah, anda bisa membelinya secara langsung ke tempat atau rumah Bapak Tri atau Gladi yang tepatnya di Rt 01 kalipagu, depan SD Kecil Kalipagu atau rumah pertama yang ditemui saat naik ke Kalipagu.
Nah, untuk harga kopi bubuk yang ditawarkan adalah untuk 1 kilogramnya sebesar Rp. 120 ribu rupiah, dan untuk pemesanannya atau informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi di nomor WhatsApp di 0856-4771-1979 (Andri) atau 0856-0017-0903 (Gladi)


Share:

No comments:

Post a Comment

Ikuti Saya

Blog Archive