Beras Hitam Kalipagu





Beras hitam kalipagu merupakan hasil bumi (pertanian) yang dari dulu memang terus di budidayakan oleh warga Dusun Kalipagu, hal ini tidak terlepas dari kondisi permukaan tanah yang subur dan air yang melimpah di Desa kami.

Beras hitam kini mulai banyak diminati oleh kalangan masyarakat terutama seseorang yang sedang program diet karena memiliki kandungan kadar gula yang rendah sama seperti beras merah. Adapun beberapa manfaat lain dari beras hitam, berikut ulasannya.

1. Melancarkan  Pencernaan
Kandungan protein dari beras hitam memang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih, akan tetapi beras ini memiliki kandungan serat dan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras jenis lainnya.

Serat dapat membantu meningkatkan aktivitas gerak pada usus dan dapat membantu meringankan sembelit.

Serat dalam dosis yang tinggi dapat membantu untuk mencegah penyerapan zat-zat beracun dan membilasnya keluar dari tubuh anda.

Juga perlu diingat bahwa studi telah menemukan diet tinggi makanan berserat dari varietas padi dan gandum terbukti melindungi terhadap gangguan pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS).

2. Pencegah penyakit jantung dan kanker
Sudah bukan rahasia lagi bahwa beras yang memiliki warna hitam ini merupakan beras dengan kandungan antioksidan tertinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.

Menurut salah seorang professor tekonologi pangan di Louisiana State University (Zhimin Xu), untuk satu sendok nasi hitam di dalamnya mengandung antioksidan, serat, serta vitamin E yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah blueberry dalam kadar jumlah yang sama.

Buah Blueberry merupakan buah yang memiliki kadar antioksidan paling tinggi dibandingkan dengan 40 (empat puluh) jenis buah dan sayuran jenis lainnya.

3.Tambahan Vitamin dan mineral untuk tubuh
Beras hitam juga kaya sekali akan vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, serta zinc, magnesium, dan fosfor. Vitamin B kompleks. Semua itu dapat membantu tubuh untuk melepaskan energi dan mengolah energi secara efektif saat beraktivitas seharian,

Sementara kandungan magnesium dan zat besi mampu membantu memerangi sindrom 3L yaitu letih, lelah, dan lesu.

4. Program Diet
Mengkonsumsi beras hitam sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan merupakan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan beras merah.

Terdapat sekitar delapan puluh lima gram beras hitam terdiri dari 43 gram karbohidrat, 200 kcal, 6 gram protein, 3 gram serat, dan 2 gram lemak. Tekstur yang lebih padat dan juga lebih kaya akan serat namun rendah kalori hal tersebut membuat Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, beras ini membantu Anda untuk mengontrol asupan kalori berlebih sehingga dapat melindungi terhadap kegemukan atau nobesitas dalam jangka waktu panjang.

5. Meningkatkan fungsi otak
Selain memiliki fungsi sebagai pelindung segala penyakit, beras hitam juga dapat untuk meningkatkan ketajaman memori dan fungsi kognitif otak, serta dapat memerangi stres oksidatif dalam tubuh.

Stres oksidatif merupakan salah satu gangguan otak yang akan menyebabkan penurunan memori dan peradangan dalam otak.

6. Mencegah Diabetes
Karena nasi hitam memiliki kandungan serat 3,5 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan nasi putih, hal ini mengakibatkan nasi hitam membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna di dalam tubuh.

Akan tetapi hal Ini malah akan memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan dalam tubuh sekaligus dapat mempertahankan angka gula darah agar tetap konstan. Selain sebagai mengelola diabetes mengkonsumsi nasi hitam secara rutin juga akan membantu diet Anda saat melakukan program diet.

Nasi hitam memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah, yaitu 42,3 dibandingkan dengan nasi putih yang memiliki angka GI = 89.

Diet rendah glikemik (GI) akan meningkatkan sensitivitas pada tubuh terhadap insulin, hal tersebut yang dapat meningkatkan kontrol diabetes, bahkan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.


Nah, itulah beberapa macam manfaat jika anda mengkonsumsi nasi hitam untuk sehari hari secara rutin sebagai pola hidup sehat. Bagi Anda yang membutuhkan beras hitam untuk di konsumsi sehari hari, bisa langsung mendapatkannya di dusun kalipagu di rumah Bapak Tri Sumarko, atau jika ingin memesannya bias melalui 08817697751

x
Share:

No comments:

Post a Comment

Ikuti Saya

Blog Archive