Jalur Pendakian Gunung Slamet via Kalipagu Baturraden



Gunung Slamet merupakan salah satu Gunung berapi aktif di Jawa tengah, dan juga salah satu Gunung yang berada di antara 5 kabupaten, antara lain yaitu kabupaten Banyumas, Purbalingga, Tegal, Bumiayu dan Pemalang.

Tidak sedikit dari sebagian orang atau pencinta alam yang melakukan pendakian di Gunung tertinggi di jawa tengah ini, karena Gunung Slamet sejatinya memang di izinkan untuk bisa didaki.

Dari berbagai macam kabupaten pasti ada basecamp untuk bisa mulai pendakian, dan yang paling terkenal atau jalur favorit bagi para pendaki adalah via Bambangan yang letaknya di Kecamatan Serang Kabupaten Purbalingga.

Tidak hanya disitu saja adapula juga jalur via Baturraden, yang mungkin kalian juga sudah pernah mencobanya, namun tidak se-ramai di basecamp Bambangan karena jalurnya yang cukup sulit dan menantang.

Ngobrolin tentang basecamp Baturraden, sebenarnya ada salah satu lagi jalur di daerah Baturraden yang bisa kalian lewati, akan tetapi hal ini bukanlah menjadi rekomendasi buat kamu yang baru pernah mendaki Gunung sebelumnya.

Jalur tersebut yaitu via dusun kalipagu. Dusun kalipagu merupakan salah satu dusun paling ujung sebelah barat lokawisata Baturraden, penduduknya yang mayoritas mata pencaharianya mengandalkan hasil bumi, membuat sebagian masyarakat terkadang masuk ke tengah hutan, bahkan sampai ke bagian puncak Gunung Slamet untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup.



Dusun yang berjumlah 4 rukun tetangga ini, memang sudah tidak asing lagi bagi para traveler, karenanya dusun ini banyak sekali memiliki potensi wisata alamnya dan salah satunya Curug Jenggala.Akan tetapi bukan curug jenggala yang akan kita bahas tetapi jalur pendakian Gunung Slamet via Kalipagu Baturraden.

Jalur ini memang bukanlah jalur resmi digunakan untuk pendakian, maka dari itu bagi yang akan mendaki Gunung Slamet via Kalipagu diharapkan pertama untuk melapor ke tokoh masyarakat contohnya seperti pak BAU atau bapak RW setempat.

Hal tersebut sangatlah penting agar pendaki bisa termonitoring, dan juga nantinya bisa dicarikan porter atau pemandu untuk bisa diarahkan jalan sampainke puncak Gunung, alasannya tidak lain agar bisa berangkat dan pulang dengan selamat.


Berdasarkan informasi dari yang sudah bolak balik ke Gunung Slamet via kalipagu, perjalanan dari Dusun menuju ke Pos 11 yaitu antara 9 hingga 10  jam perjalanan, Adapun juga jarak terjauh yaitu dari dusun kalipagu sampai pos 1 yaitu memakan waktu sekitar 4 jam.


Walaupun begitu kalian akan tetap mudah untuk menemukan sumber mata air Salah satu tempat atau pos yang mudah ditemui mata air yaitu pada pos 3 dan pos 4.

Nah untuk tempat istirahat mendirikan tenda biasanya porter atau pemandu akan merekomendasikan di Pos 11 yang merupakan jalur simpang (pertemuan) pendakian via Bumiayu.

Untuk ke puncaknya sama halnya traknya kaya di bambangan akan tetapi untuk bisa sampai ke puncak kamu memerlukan setidaknya antara 1 jam perjalanan. Traknya juga tidak sesulit di bambangan pas mau ke puncak karena tidak begitu miring, dan bisa langsung ke kawah.


Namun, perlu diingat bahwa jika kamu mau ke Gunung Slamet via Kalipagu harus dengan pemandu sekaligus izin ke tokoh masyarakat,  karena kondisi track yang tertutup oleh tumbuhan liar yang bisa beresiko menyesatkan perjalanan.

Untuk keterangan Posko juga tidak bisa dijelaskan secara rinci, karena memang bukan jalur resmi pendakian, jadi untuk estimasi pendakian tidak bisa di patokkan dengan posko.

Kesimpulan :
  • Dusun - Pos 1 = 4 Jam
  • Pos 1 - Pos 11 = 6 Jam
  • Pos 11 - Puncak (Kawah) = 45 Menit
Share:

No comments:

Post a Comment

Ikuti Saya

Blog Archive